Iwan Fals Tanam Mangrove di Muaragembong

Desa Pantai Bahagia, Muaragembong, 17/8/2016 – Iwan Fals bersama ratusan peserta yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Badan Pengurus Kota/Kabupaten (BPK) Orang Indonesia (OI) Bekasi dan pusat melakukan penanaman 1700 batang mangrove jenis Bakau di lahan konservasi mangrove kampung beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa barat.

muaragembongku

Menurut Rosana Listanto, Ketua umum BPK OI Pusat, mengatakan, Kegiatan Penanaman Mangrove tersebut sudah dilakukan selama tiga kali, pertama di wilayah Surabaya, kedua di Cirebon dan kini, Ketiga kalinya dilaksanakan di wilayah pesisir Muaragembong, kabupaten Bekasi
“ini adalah program yang sudah kita canangkan disetiap tahunnya, menanam mangrove untuk menjaga laut. karna laut adalah penting untuk kehidupan kita, maka kita harus menjaga kelestarian hutan mangrove pesisirnya, dan merehabiltasinya, dengan melakukan konservasi mangrove” ungkap Rosana yang juga istri dari Iwan Fals.

Ditambahkan Mba Yos, sapaan akrabnya, mengatakan, pertama kali menginjakan kaki di muaragembong, dirinya miris melihat keadaan lingkungan kampung beting yang terlihat jelas dampak abrasinya.

“mudah-mudahan apa yang kami perbuat hari ini akan bermanfaat untuk lingkungan pesisir, khususnya muaragembong,” tukasnya.

Sementara itu Iwan Fals, Pemilik nama asli Virgiawan Listanto , mengungkapkan bahwa kegiatan dengan berkumpul dan menanam mangrove, adalah salah satu bentuk sinergitas dan ajang silaturahmi antara BPK OI dan tentunya kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga lingkungan, khususnya pesisir.

“Kita semua tahu fungsi Mangroove seperti apa. Salah satunya untuk tempat ikan hidup. Kita tidak bisa hidup tanpa Mangroove. Intinya, jika kita rutin melakukan aksi tanam mangrove, InsyaAllah bencana Abrasi pesisir akan berkurang kedepannya,” pungkasnya.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment