Sambut Hari Bumi, Komunitas Bekasi Tanam Mangrove Di Muaragembong

Muaragembong – Komunitas Pelestari Lingkungan Muaragembongku dan beberapa Komunitas di Kabupaten Bekasi, melakukan aksi tanam pohon mangrove di kawasan lahan kritis Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Minggu (19/4). Aksi ini dalam rangka menyongsong Hari Bumi Sedunia yang biasa diperingati setiap setiap tanggal 22 April.
MENYSONGSONG HARI BUMI, KOMUNITAS BEKASI TANAM MANGROVE DI MUARAGEMBONG
Menurut Yusup Maulana, Koordinator Komunitas Muaragembongku, ini adalah rangkaian kegiatan pelestarian  menjaga ekosistem Hutan Mangrove diwilayah pesisir. Karna, hutan mangrove di pesisir  Muaragembong sudah parah dan sudah berdampak pada bahaya abrasi. Dan disamping itu juga untuk menetralisir kandungan zat berbahaya dalam air akibat tingginya pencemaran air di Kabupaten Bekasi.
“Tujuan kehiatan ini ini adalah memperingati menyongsong hari bumi yang akan jatuh pada 22 april mendatang. “Mengapa di area mangrove karena kita tahu bahwa mangrove bisa menetralkan toksin-toksin yang ada di air laut. Kita tahu Kabupaten Bekasi adalah salah satu kota industri dan tentunya kandungan toksin di dalam air laut tinggi, oleh karena itu kita tidak ingin jumlah toksi di dalam air tinggi,” kata Yusup.
Ditambahkan Yusup,  aksi tanam mangrove, penghijauan di kawasan di kawasan lahan kritis Kampung Beting harus terus diperbanyak, karena kondisi hutan mangrovenya  sudah rusak parah.
“Masih perlu dan harus dihijaukan, kan itu juga untuk future, masa depan anak cucu kita, bagaimana kalau misalkan kita sekarang tidak peduli kepada lingkungan, bagai dengan nasib anak cucu kita,” jelas Yusup.
Syahwono Adji, Kepala Seksi Badan Kepegawaian daerah Kabupaten Bekasi. Yang juga salah satu peserta kegiatan mengungkapkan, kegiatan menanam mangrove sangat penting untuk menjaga kelestarian alam, serta melindungi bumi dari kerusakan.
“Kami berada di hutan mangrove ini untuk menanam beberapa tanaman mangrove, untuk menolong dan menjaga alam. Dan saya pikir ini adalah sungguh luar biasa, bagus untuk lingkungan dan menjaga planet bumi ini, saya pikir ini sangat penting,” terang lantang
Selain memperbanyak kegiatan tanam pohon termasuk menanam mangrove, Pemerintah perlu mengajak masyarakat terlibat aktif dalam upaya menyelamatkan lingkungan serta air dari pencemaran.
MENYSONGSONG HARI BUMI, KOMUNITAS BEKASI TANAM MANGROVE DI MUARAGEMBONG
“Mungkin lebih digalakkan atau mungkin ada penyuluhan kepada masyaralat sekitar, tidak hanya kayak penanaman mungkin, kalau misalnya buang sampah seperti itu, jangan buang sampah sembarangan kayak gitu, nanti kasihan air-airnya,” pungkas Lelaki yang slalu aktif di berbagai Komunitas. (Uc)