Teripang Banyak Terdapat Di Pesisir Muaragembong

Desa Pantai Bakti, 26/1/2018 – Teripang adalah binatang laut dari phylum Echinodermas, masih saudara jauh dengan bintang laut dan bulu babi. Di seluruh dunia, terdapat lebih dri 1250 species teripang yang dapat ditemukan mulai dari permukaan laut hingga laut dalam. Beberapa species bahkan hidupnya berbenam di pasir laut dan hanya tentakelnya yang keluar untuk menarik makanan. Untuk mempertahankan diri, teripang mempunyai cara unik yaitu mutilasi bagian tubuhnyasendiri, dimana bagian yang hilang akan segera tumbuh kembali.

Dalam perdagangan internasional, umumnya teripang dikenal dengan istilah sea cucumber atau teatfish yang sebetulnya itu hanya berlaku untuk species tertentu, sedangkan untuk produk olahannya dikenal dengan istilah beche de mer. Pasar terbesar teripang adalah etnis China, dan mereka menyebutnya sebagai haishen atau ginseng dari laut karena khasiatnya semacam tonik penguat stamina dan panjang umur. Teripang merupakan salah satu komoditi ekonomis penting  yang sangat diminati oleh konsumen terutama di negara  China, Korea, Taiwan, Singapura dan Hongkong sebagai makanan seafood  yang mengandung nilai  tinggi pengganti daging babi.

Di kampung Bungin, wilayah sebelah utara Desa Pantai Bakti, banyak dijumpai Nelayan setempat mencari teripang sebagai penghasilan tambahan selain menangkap ikan. teripang juga menambah nilai ekonomi warga setempat.

“cumcum” begitu sebutan untuk teripang kata Bu Nurjanah (40) salah satu warga Kampung ujung bungin.

Menurut Bu Nurjanah, harga jual teripang basah di bungin, perkilonya dihargai cuma Rp 20.000,- tapi jika dalam keadaan kering bisa mencapai Rp 200.000,- perkilonya, katanya.

“Biasanya ada orang tertentu yang mencari untuk dibuat jamu, Neng!” Melanjutkan cerita.

“Butuh waktu 3 hari jika mataharinya terik untuk mengeringkan. Jadi jika cuaca sering hujan maka butuh waktu lebih panjang untuk mengeringkan” imbuhnya.

Di kenjeran surabaya, teripang kering sudah dijadikan keripik yang biasa dijual di pinggir jalan sebagai oleholeh. Sementara sebagian lagi ada yang mengolah teripang ini menjadi bubur untuk penyuburkan kandungan. Atau bisa juga dijadikan campuran obat yang konon katanya Untuk mendinginkan gangguan perut dan sakit pinggang. Saya mulai berpikir banyak hal yang bisa digali di wilayah pesisir yang diabaikan.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment