Tunas tunas Literasi Pesisir Bekasi (edisi kunjungan seacology)

Sabtu, 21 oktober 2017 – Adalah hari yg penuh dentam, menunggu detik demi detik jam yg datang. Perwakilan seacology ca usa, merry dan iona, seorang ahli mangroving yg turut membawa mano, lelaki kecil yg menggemaskan ini tiba diantar direktur bp2dk, kang irman tepat jam 10 pagi.

Di bawah terik siang yg garang, kami menuju titik parkir halaman TBM #terasuka di kampung beting, kami pun beriringan melalui jalan yg mulai menandai surutnya pasang yang datang semalam.

Degdegan jelas. Ini pertama kalinya saya tanpa didampingi suami Ucie Weiland Yusup yg sedang berdinas di kepulauan maluku hingga akhir bulan ini.

Mapping seperti dulu sebuah hal yg pernah saya dan temanteman research lakukan beberapa tahun lalu di surabaya. Tapi selalu saja banyak kebingungan jika dilakukan di wilayah perairan.

Bersyukur iona yg fasih berbahasa indonesia ini, akan banyak membantu kami Muaragembongkita utk melakukan banyak perbaikan mengingat begitu kritisnya wilayah hutan mangrove  sebagai sabuk hijau pulau jawa di pesisir utara bekasi.

Hai hai. Ini wilayah paling dekat dengan jakarta lhoo. Apakah harus selesai hanya dengan demontrasi?

Come on, ayoo berbuat!

Karena saya rasa hidup di negara ini akan jadi lebih baik dengan lebur dengan permasalahan lalu melahirkan solusi, dari pada hanya berdebat yg tak berujung kejelasan. Buang energi.

Merujuk pada pernyataan wartawan senior kompas bli can, bahwa demo bukan cara cerdas. Ada baiknya makin bijak memilih cara memperjuangkan ketimpangan.

Membangun literasi adalah salah satu cara memperjuangkan dengan berbagi dan menularkan pengetahuan secara berkelanjutan, tanpa embelembel pencitraan.

Lha saya hanya urban yg lebih suka anakanak pesisir bisa berdaya dan berguna. Agar anakanak bangga menjadi dirinya sendiri dan mampu berjuang utk wilayahnya yg nyaris tenggelam dihajar abrasi.

Semoga dengan adanya pusat pendidikan mangrove mampu membangun sistem ketangguhan utk masyarakat sekitarnya.

Terimakasih Tuhan krn menjadikan hidup ini menjadi keren dengan berbuArt dan manfaArt.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment