Pantai Beting, Pantai Asri di Kabupaten Bekasi

Desa Pantai Bahagia, 18/2/2018 – Pantai Beting adalah salahsatu Destinasi Wisata yang dimiliki kecamatan Muaragembong, Tepatnya berada di wilayah Desa Pantai Bahagia.

Siapa sangka dibalik hiruk-pikuk Bekasi Raya, nda ternyata di sebelah utara kabupaten bekasi yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten karawang ada keindahan alam yang eksotis diantara rumpun mangrove terdapat hamparan pasir dengan dataran landai sepanjang 6 kilometer.  sungguh suguhan alam yang masih asri, pengunjung dapat menikmati segarnya udara bersih diarea tersebut. pemandangan yang menawan dan memikat hati.

 Suasana pantai beting ini masih sangat sunyi dan sepi, jenis pasir di pantai ini berwarna kecoklatan dan halus. Banyak terdapat kerang-kerang putih di pesisir pantainya. Airnya di sepanjang pantai tidaklah jernih dan biru, namun airnya berwarna kecoklatan, namun jika Anda mencoba menaiki perahu hingga sampai di tengah lautnya, Anda akan melihat air lautnya yang biru. Terlihat perbedaan warna air laut antara di pesisir pantainya dan ditengah lautnya.

Banyak keunikan-keunikan yang ada di pantai beting, salahsatunya adalah ranting-ranting pepohonan yang sudah cukup tua, mati, hal tersebut kian menambah keindahan pada pantai tersebut.

Selain hutan mangrove atau bakau, disekitar kawasan pantai ini sering dijumpai satwa jenis burung-burung yang bermigrasi dari laut china selatan dan Laut Pasifik, dimana lokasi tersebut setiap tahun arus badai taufan/angin dari arah Pasifik ke China Selatan pada bulan September sampai bulan Februari sehingga terjadi kosentrasi burung migrasi ditempat ini. Selain burung terdapat juga lutung hitam yang sudah langka.

Untuk fasilitas yang ada di pantai beting memang belum lengkap, karna masih dikelola masyarakat setempat. Namun untuk fasiltas dasar seperti lahan pakir, toilet, dan juga kamar ganti di lokasi pantainya itu sudah ada. dan warga sekitar kampung beting pun sudah siap mengantar pengunjung dengan naik perahu. untuk biaya naik perahu per-oraang biasanya dikenakan tarif Rp. 25000,- (biaya antar pulang dan pergi+guide).

Untuk menuju ke lokasi pantai, butuh waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh 48 km jika anda memulai perjalanan dari Summarecon Kota Bekasi. (*)