Pergerakan Adalah Awal Perubahan

3 Februari 2018 – Ini sudah minggu ketiga, setiap Sabtu sebuah pergerakan melawan pembodohan dan keterbatasan dilakukan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Bina Sarana Informatika (BSI) di SMP-SMK Yapinuh yang berada di wilayah Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Mengusung tema “Lampu Darurat – Lab. Komputer Darurat“ sebagai wujud pengabdian mahasiswa untuk terjun langsung menularkan virus pengetahuan di masyarakat. Aksi simpatik oleh para mahasiswa yang mayoritas juga berprofesi sebagai pekerja didukung penuh oleh pihak lembaga BSI, lembaga YAPINUH dan Relawan TIK Kabupaten Bekasi.

Minimnya sarana, prasana dan pengetahuan tentang tehnologi informasi dan komunikasi membuat ketua pelaksana Dede Mukhtaroni memutuskan untuk membuat program pendampingan selama 3 bulan, sejak awal bulan Januari 2018.

Mengingat minim sarana yang dipergunakan, maka para mahasiswa ini berinisiatif meminjamkan peralatan komputer jinjing mereka kepada para siswa yang mengikuti pelatihan.

Materi kegiatan selain berupa pengenalan hardware dan sofware, ada juga sosialisasi internet cakap dan sehat, mempelajari berbagai macam aplikasi yang lazim digunakan seperti word, excell dan corel draw.

Namun kali ini mereka juga mampu membuat rintis bentukan KOPI, sebuah KOmunitas Pecinta Informasi tehnologi komunikasi yang terdiri dari siswa dan siswi smp dan smk n YAPINUH yang kelak berkemampuan menularkan virus literasi digital di Muaragembong.