Sensasi Mancing Kakap Putih Di Muara Blacan

Muaragembong, 12/06/2018 – Muara Blacan adalah sungai yang yang membelah dua desa di Kecamatan Muaragembong. Yaitu, Desa Pantai Mekar – Desa Pantai Harapan jaya. Untuk sampai Ke Muara BlacanDari Jakarta melewati Jalan Raya Cilincing, kemudian menuju ke arah Marunda, selanjutnya melewati Jalan Marunda Makmur, melewati Tarumajaya, selanjutnya lewat PLTU Babelan Bekasi, melewati jembatan CBL, terus menuju ke Jalan Pasar Muara, jalan terus hingga menemukan plang bertuliskan Muara Gembong disebelah kanan jalan, kita ikuti jalan tersebut dan sampailah kita di Muara Blacan. Jalan terakhir sebelum sampai Muara Blacan, jalannya tidak di aspal, jalan bebatuan dan tanah merah, jalan ini melewati tanah milik Pertamina. Jika kita lewat pas musim panas, jalanan akan panas dan berdebu, namun jika musim hujan, jalanan becek dan licin. Kondisi jalan ditengah sawah dan tengah empang. Ini tidak direkomendasikan jika jalan malam hari, karena sangat sepi dan tidak ada rumah. Jika jalan malam hari bisa melewati akses jalan kecamatan Cabang Bungin dari pasar muara, desa muara bakti, cuma lebih jauh jaraknya.

Jika dari cilincing, Jakarta utara, jarak yang ditempuh sekitar 90 km dengan waktu 2 jam untuk sampai di Muara Blacan. Wilayah sekitar area Muara Blacan sangat sepi dan rumah jarang sekali. Sisi kanan kiri jalan hanya ada tambak yang ditumbuhi rumpun pohon mangrove. Hanya beberapa rumah terlihat disetiap milnya.

Setelah tiba di lokasi nanti akan di antar oleh nelayan ke saung/bagan kemudian akan di jemput ketika kita sudah selesai memancing. Untuk Tarif yaitu ongkos antar 15.000 dan sewa bagan 15.000. Mancingnya pun tidak di batasi jam, semaunya kita mau berapa jam, mau sampai kapan, yang penting kalau udah puas kita hubungi nelayan via sms atau phone dan kita akan di jemput.

Untuk Umpan mancing sudah tersedia di lokasi, bisa membeli udang putih hidup untuk umpan mancingnya. Alasan kenapa menggunakan umpan udang hidup, karena ikan target adalah ikan kakap putih, yang mana Ikan Kakap Putih adalah ikan yang memangsa umpan hidup diantaranya udang, ikan kecil, dan umpan hidup lainnya.

Setelah udang siap, biasanya para pemancing memastikan perbekalan, menambah air minum dan membeli roti untuk mengganjal perut. Ketika semua siap, kemudian diantar nelayan menuju bagan. Kami sampai di bagan setelah menaiki prahu selama 20 menit.

Biasanya Pemancing yang datang memancing dengan teknik ngoncer yaitu melemparkan umpan hidup ke atas spot atau rumpon yang dituju, teknik ini tanpa timah agar udang melayang di permukaan dan menarik perhatian ikan, kadang dikasih pelampung agar umpan tidak jatuh sampai dasar.

teknik ngoncer lumayan berhasil, setelah umpan dilempar, biasanya langsung disambar ikan kakap putih. Kalau sudah mancing di muara blacan, terik matahari tak terasa.

Muara Blacan, sensasi mancing liar di pesisir Kabupaten Bekasi.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment