Peran Penting Pemuda Dalam Pilkades

Mari kita jadikan pesta demokrasi desa sebagai ajang silaturahmi warga guna menentukan siapa yang pantas dan tepat untuk memimpin warga dalam kurun waktu 6 tahun kedepan.

Sudah seharusnya pemuda mengambil peran strategis dalam hal perhelatan ini, dimanakah peran pemuda. ?

1. Menjadi bagian penyelenggara.
Sudah seharusnya unsur pemuda masuk kedalam struktur kepanitiaan, tentunya selain dari para tokoh-tokoh yang ada dalam suatu desa tersebut, panitia memberikan porsi yang cukup untuk pemuda. Mengapa demikian? karena pemuda kita kenal sebagai agen visioner serta memiliki idealisme yang kuat.

2. Menjadi Pengawas.
Tidak adanya badan resmi yang dibentuk sebagai pengawas Pilkades maka peran inilah yang sebaiknya diambil alih oleh pemuda guna terjaminnya Pilkades yang berkualitas serta baik dan benar. Banyak hal yang musti diawasi dalam penyelenggaraan Pilkades tersebut, diantaranya :

A. Mengawasi DPS hingga DPT.
ya karena DPS menuju DPT adalah jantungnya penyelenggaraan Pilkades, pemuda harus mampu memastikan warga yang berhak lah yang benar benar ikut memilih jangan sampai terdapat anak dibawah umur atau warga yang telah meninggal dunia terdaftar dalam DPT jika ini terjadi rentan sekali dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggungjawab. Kemudian pemuda juga harus tau betul pemilih yang hadir benar-benar membawa surat panggilan sesuai identitas dirinya jangan sampai terdapat pemilih yang hadir mewakili warga yang ada di DPT alias tidak sesuai dengan identitasnya.

B. Mobilisasi massa luar wilayah.
Hal tersebut diatas acap kali terjadi dalam  beberapa ajang pemilihan, tak dipungkiri bisa saja ini terjadi pada pesta demokrasi desa dalam pilkades, jika hal ini terjadi sungguh sangat mencoreng jalannya pemilihan tersebut. Semestinya pula para pemuda mampu menangkal jangan sampai terjadi hal yang demikian ini.

#pemuda_pedulidesa
#pilkadesserentak

Dicky Maulana | Zulkarnaen.SE.,MM |
Rian Hafiz Fauzi Karang Taruna Kab.Bekasi

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment