Home » Kegiatan Literasi Digital Di MTs Nurul Ihsan Kabupaten Bekasi

Kegiatan Literasi Digital Di MTs Nurul Ihsan Kabupaten Bekasi

Desa Pantaibahagia – Para penggiat literasi Kabupaten Bekasi dan JaWAra Internet Sehat Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan PT Samudera Indonesia menyelenggarakan kegiatan Dongeng dan Seminar bagi para siswa pada hari Sabtu, (13/11/2021) di MTs Nurul Ihsan Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong. Kabupaten Bekasi.

Ratusan pelajar mengikuti kegiatan Dongeng dan Seminar Literasi Digital yang digelar oleh Para Penggiat Literasi yang bekerjasama dengan Samudera Indonesia.

Kegiatan yang ini mempunyai dua tema yaitu “Nyok, Maen Internet Yang Bener ” dan “Dongeng Samudera” ini merupakan Event yang bertujuan untuk mengenalkan keselamatan dalam berkendara dan juga cara bermain internet yang benar.

Untuk kegiatan ini ada dua sesi yaitu, sesi pertama ialah tentang Seminar Literasi Digital, langsung di sampaikan oleh Tim JaWAra Internet Sehat Kabupaten Bekasi yang disampaikan langsung oleh Kak Shandi Ismail dan Kak Tiara Lestari.

Untuk sesi kedua, mensosialisasikan tentang keselamatan dalam berkendara melalui dongeng yang disampaikan oleh Ibu Ani dan Ibu Dwi Ara.

Seminar Literasi Digital bertujuan agar memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan untuk menemukan dan mengevaluasi informasi secara bijak, cerdas, sehat dan tidak melanggar hukum.

“Didalam dunia digital kita harus menghargai orang lain dan memperlakukannya dengan baik seperti di dunia nyata,”ujar Kak Shandi dalam penyampaian materinya.

Alasan orang mudah percaya hoaks adalah adanya keterbatasan informasi, tingkat popularitas informasi, era keterbukaan dan adanya Konfirmasi biasanya.

Kak Tiara Lestari juga menyampaikan dalam seminarnya,

“kita harus menggunakan mata untuk membaca, otak untuk berpikir, hati untuk memilah, tapi jangan gunakan jarimu untuk menyebar Hoaks”

Disisi lain menurut ibu Dwi Ara menyampaikan dalam kegiatan dongeng Samudera nya, “Pentingnya pemahaman tentang keselamatan penumpang dalam berkendara didalam kapal.”

Dan menurut ibu ani menyampaikan,”Kita dapat menyampaikan pesan kepada anak-anak untuk lebih hati-hati didalam kapal dan harus mengikuti aturan di dalam kapal.”

Dengan melakukan kegiatan mini drama ini diharapkan pengalaman yang didapatkan oleh anak-anak itu lebih berkesan.

Kegiatan ini juga di apresiasi oleh perwakilan dari PT Samudera Indonesia, karena dengan adanya kegiatan tersebut, selain dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara maupun juga meningkatkan kompentensi para siswa yang ada di MTs Nurul Ihsan.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, dapat menggali potensi pelajar dan selalu mengingatkan tentang pentingnya keselamatan.

(Red)