Home » DPRD Jawa Barat Dorong Pengembangan Potensi Wisata di Muaragembong

DPRD Jawa Barat Dorong Pengembangan Potensi Wisata di Muaragembong

DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung Muaragembong menjadi salah satu destinasi wisata potensial yang dimiliki Jawa Barat. Selain karena adanya hutan bakau dan pantai, Muaragembong juga merupakan habitat asli Lutung Jawa yang kini habitatnya terancam punah.

Habitat Satwa Endemik Lutung jawa di Muarabendera, Desa Pantaibahagia

Anggota Komisi II DPRD Jabar, Irpan Haeroni menuturkan, saat ini DPRD Jabar tengah melakukan pembahasan kaitan penganggaran untuk penataan wilayah Muaragembong, bila disetujui maka tahun depan penataan dapat dilaksanakan.

Irpan Haeroni, Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat

“Dari usulan pada KUA-PPAS dianggarkan Rp 32 miliar untuk penataan dan peningkatan akses dan fasilitas obyek wisata di Muaragembong, tinggal nanti apakah bisa disepakati atau tidak, anggaran itu bisa saja bergerak, diubah dicoret oleh DPRD Jawa Barat,” jelasnya.

“Besok ke pembahasan anggaran, nanti kita masukin di nota komisi, supaya program itu didukung, maksudnya gak dibatalin. Saya akan bantu ikut perjuangkan ini,” tegasnya.

Ditambahkan Irpan, bantuan anggaran dari provinsi ini nantinya akan difokuskan pada sejumlah titik potensial yang berada di Muaragembong seperti ekowisata hutan bakau, Desa Pantaimekar juga objek wisata Pantai Bungin di Desa Pantaibakti.

“Jadi wilayah sekitaran pantai lah yang akan ditata, termasuk penambahan fasilitas serta akses. Nanti juga disana akan dibuat juga Water Break atau pemecah ombak di sekitar pantai,” pungkasnya. [**]